JOAN JOAN GERALD

Senin, 08 Maret 2010

Ismael, Allah kiranya mendengar ...


Anak Abraham dari Hagar, hamba perempuan Sarai, perempuan Mesir. Setelah Sarai menyadari dirinya mandul. dia memberikan Hagar, budak perempuan ini kepada Abraham untuk memperoleh anak bagi dia dari Hagar (Kejadian 16:2).

Setelah Hagar mengandung oleh Abraham. Hagar mulai memandang rendah Sarai (Kejadian 16:4). Sarai mengusirnya kemudian dari rumah dengan izin Abraham kendati enggan (Kejadian 16:5). Dalam perjalanan ke Mesir. Hagar dijumpai oleh malaikat YHVH yang menyuruhnya kembali dan menyerah kepada Santi. Malaikat juga menjanjikan keturunan yang berlipatganda melalui anaknya, lsmael, yang akan menjadi 'seorang laki-laki yang lakunya seperti keledai liar' (Kejadian 10:12: bandingkan Ayub 39:5-8). Ismael lahir setelah Abraham berusia 86 thn. yakni 11 tahun sesudah sampai di Kanaan (Kejadian 16:15, 16: bandingkan 12:4).

Pada usia 13 tahun Ismael disunat bersama bapaknya menuruti perintah Allah (Kejadian 17:25.26). Pada hari yang sama, Allah menjanjikan pula kepada Abraham seorang anak dari Sarai yang nantinya dinamai Ishak. Bahwa Abraham telah lama memusatkan pengharapannya pada Ismael, terungkap dari seruannya. 'Ah, sekiranya Ismael diperkenankan hidup di hadapan-Mu" (Kejadian 17:28) Maka Allah meyakinkan Abraham bahwa Ismael akan memperanakkan 12 raja dan akan menjadi bangsa yg besar (Kejadian 17 :20: bandingkan 16:11, 25:13-16).

Setelah Ismael berusia 16 tahun, suatu perayaan besar diadakan pada hari Ishak, bayi itu, disapih (Kejadian 21:8). Ismael 'menertawakannya'(Kejadian 21 :9).

----

Sarai menuntut agar keduanya, Ismael dan Hagar, diusir dari rumah dan Abraham memberikan izin, tapi hanya sesudah Tuhan mengungkapkan kepadanya bahwa 'yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak' (Kejadian 21: 12).

Setelah pengusiran, Hagar dan Ismael hampir mati kehausan di padang gurun Bersyeba. sampai malaikat YHVH menunjukkan kepada Hagar sebuah sumur sebagai jawaban atas ratapan Ismael. Ismael menjadi seorang pemanah. mengawini seorang wanita Mesir dan memperanakkan 12 orang raja (25: 12-16). Esau mengawini seorang dari putrinya (21:9: 36:3. 10).
Ismael juga menemani Ishak waktu penguburan ayah mereka dan meninggal pada usia 137 thn (Kejadian25:9. 17).

-------

Anak dari Netanya bin Elisama dari keturunan raja Yehuda yang membunuh Gedalva 2 bulan sesudah keruntuhan Yerusalem pada thn 586 SM. Sewaktu Gedalya diangkat oleh Nehukadnezar menjadi gubernur Yehuda, banyak orang Yehuda bergabung kepadanya di Mizpa mencari keselamatan. Tapi di antara mereka ada Ismael, yang cemburu terhadap Gedalya dan bersedia dibayar oleh Baalis, raja dari Amon, berkomplot membunuh gubernur. Meskipun diperingatkan beberapa kali oleh Yohanan, Gedalya tetap percaya kepada Ismael. Gedalya mengundang Ismael dan 10 orang pengikutnya menghadiri jamuan besar. Ismael dan pengikutnya menggunakan kesempatan ini membunuh Gedalya dan orang Yehuda lainnya di Mizpa, Dua hari kemudian mereka membunuh serombongan musafir Yehuda dan berangkat menuju Arnon dengan membawa banyak sandera. termasuk Yeremia dan anak-anak perempuan raja. Mereka dikejar oleh Yohanan dan kepala-kepala pasukan lainnya dan dilumpuhkan di Gibeon. Semua sandera diselamatkan, tapi Ismael dan seorang pengikutnya berhasil lolos. lari ke Aman (2 Raja 25:25: Yeremia 40:7- 41:18).

-------------

Kejadian 16:12b bahwa Ismael "akan menentang semua saudaranya" bukanlah dimaksud menentang Israel, karena Israel bukanlah saudara Ismael. Ismael dan Ishak memang bersaudara karena berasal dari ayah yang sama, dan memang ada suatu saat Ismael 'mengganggu' Ishak sebagaimana tercatat dalam Kejadian 21:8-10 yang mengakibatkan Ismael dan Hagar diusir dari rumah Abraham.

Ungkapan "saudara" di sana berarti sesama keturunan Ismael, sama halnya dengan ungkapan "saudara Israel" adalah suku-suku bani Israel.

Keturunan Ishak bukan hanya bangsa Yahudi, tetapi ada bangsa lain yaitu bangsa Edom (Irak?).
Ishak mempunyai dua orang anak, Yakub (Israel) dan Esau. Kedudukan Israel terhadap Ismael adalah keponakan dan paman, bukan kakak-adik.

Kedudukan Ismael ini dalam Alkitab penting untuk disampaikan karena ada kesalah-pahaman dari antara agama-agama Semitik tentang gelar "Keledai Liar". Bagaimanapun Ismael adalah putera Abraham dan mendapat berkat Abraham pula, termasuk keturunannya.
Alkitab dengan jelas menulis meskipun Abraham mempunyai banyak putra lain, namun hanya Ismael dan Ishak yang mendapat keistimewaan sebagai sebutan putra.

Meski ada banyak yang menafsirkan Ishak dan Ismael kemudian menjadi seteru. Anggapan itu tidak benar, sebab kedua saudara itu sama-sama memakamkan ayah mereka (lihat Kejadian 25:9). Dalam budaya Yahudi itu merupakan tanda keakraban saudara sedarah.

------------

Sejarah Yahudi menunjukkan bahwa keturunan Ismail pada umumnya diterima baik sebagai bagian anak bangsa, namun ada saja orang berprasangka.
Kitab Kejadian secara eksplisit menghargai Ismael dalam sejarah Yahudi, dengan mencatat bahwa Ismael disunat bersamaan dengan Abraham (lihat Kejadian 17:26). Alkitab juga mencatat bahwa janji berkat Allah berlaku atas Ismail (lihat Kejadian 21:3) lalu menyimpulkan pasal itu dengan ungkapan "Allah menyertai anak ini" (Kejadian 21:20).

Orang kalangan kita umumnya menghindari menamakan anak laki-laki baru lahir dengan nama Ismael, hal ini terkait dengan pengertian yang kurang benar diatas. Padahal nama Ismael mempunyai arti yang bagus, artinya "Allah Kiranya Mendengar" (Kejadian 16:11).


sumber : sarapanpagi.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar